Rabu, 16 November 2011

Baik dan Buruk

• Baik dan Buruk
• Baik dan buruk merupakan istilah yang banyak digunakan untuk menentukan suatu perbuatan yang dilakukan seseorang.
• a) Pengertian baik dan buruk
• Dari segi bahasa baik adalah terjemahan dari kata khair dalam bahasa Arab, atau good dalam bahasa Inggris. Yang disebut baik atau kebaikan adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan yang luhur, bermartabat, menyenangkan, dan disukai manusia. Defenisi kebaikan tersebut terkesan antropocentris, yakni memusat dan bertolak dari suatu yang menguntungkan dan membagiakan manusia. Pengertian baik yang demikian tidak ada salahnya karena secara filsafat manusia memang menyukai hal-hal yang dan membahagiakan dirinya.


• b) Penentuan Baik dan Buruk
• Filsafat yang mempengaruhi dalam penentuan baik dan buruk ini adalah aliran adat-istiadat (sosialisme), hedoisme, intuisme, (humanisme), utilitarianisme, vitalisme, religiuisme, evolusisme.
• c) Sifat dari Baik dan Buruk
• Sifat dan corak baik buruk yang didasarkan pada pandangan filsafat sebagaimana disebutkan diatas adalah sesuai dengan sifat dari filsafat itu sendiri, yakni berubah, relatif nisbi dan tidak universal. Dengan demikian sifat baik dan buruk yang dihasilkan berdasarkan pemikiran filsafat tersebut menjadi relatif dan nisbi pula, yakni baik dan buruk yang dapat terus berubah. Sifat baik buruk yang dikemukakan berdasarkan pandangan tersebut sifatnya subyektif, lokal dan temporal. Dan oleh karenanya nilai baik dan buruk itu sifatnya relatif.
• d) Baik dan Buruk menurut ajaran Islam
• Ajaran Islam adalah yang bersumberkan wahyu Allah SWT. Al-Qur’an yang dalam pembelajarannya dilakukan oleh Hadits Nabi Muhammad SAW. Masalah akhlak akhlak dalam ajaran Islam sangat mendapatkan perhatian yang begitu besar. Ajaran ajaran Islam penentuan baik dan buruk harus didasarkan pada petunjuk Al-Qur’an dan Al-Hadits. Jika kita perhatikan al-Qur’an manapun maupun Hadits dapat dijumpai berbagai istilah yang mengacu kepada baik, dan ada pula istilah yang mengacu kepada yang buruk. Dalam istilah mengacu kepada yang baik misalnya Al-hasanah, thayyibah, karimah, khairah, mahmudah, azizah dan al-birr. Al-Hasanah sebagaimana dikemukakan oleh Al-Raghib al-Asfahani adalah suatu istilah yang digunakan untuk menunjukkan sesuatu yang disukai atau dipandang baik. Lawan dari al-sayyiah adalah kesempitan, kelaparan, dan keterbelakangan.

Related Posts by Categories

0 komentar :

Posting Komentar

Thanks for your commentar

Domain Murah

indonetmedia